Rabu, 07 Desember 2011

Penyedia Layanan Internet

  1. Internet Network Provider (INP), yaitu penyedia layanan jaringan menuju ke global Internet, contoh INP adalah Indosat.
  2. Internet Service Provider (ISP), yaitu sebuah perusahaan yang memberikan akses Internet, seperti website dan virtual hosting. Contoh ISP adalah Telkomnet Instan, Indosatnet, dan Wasantara.
  3. Internet Content Provider (ICP), yaitu penyedia layanan jasa dalam pembuatan halaman web, penyajian informasi ke portal bahkan membuat situs web. Contoh ICP adalah GudegNet, Dapurweb, dan Interaktif.
Ada tiga cara layanan yang diberikan oleh ISP untuk terhubung ke Internet, diantaranya:
  1. Dial-up (Saluran Telepon Rumah) yaitu cara termudah untuk menghubungkan komputer ke Internet dengan menggunakan saluran telepon rumah (dial-up). Kita harus memiliki modem yang terhubung dengan saluran telepon serta telah terdaftar ke ISP, misalnya Telkomnet Instan. Kelebihan koneksi Internet ini adalah jaringan luas. Namun, kekurangannya adalah harga yang masih relatif mahal, kecepatan kurang stabil, sangat bergantung pada beban percakapan jaringan telepon, dan mobilitas hanya di satu tempat saja.
  2. Teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) yaitu teknologi yang memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk nmelewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Teknolohi ini memberikan kecepatan akses Internet untuk perorangan atau perusahaan. Kelebihannya adalah sambungan tidak akan terganggu walaupun ada telepon masuk atu keluar. Namun, kekurangannya adalah harga relatif mahal dan belum bisa tersedia di seluruh daerah.
  3. Wireless atau Wi-Fi (Wireless Fidelity) yaitu jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi sebesar 2,4 GHz, dengan kecepatan akses Internet cepat sebesar 11  Mbps karena tidak menggunakan kabel (nirkabel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar